Pengabdian Masyarakat di Kampung cikareo, desa gunung mulya, kecamatan tenjolaya, Kabupaten Bogor

PENDAHULUAN

Sanitasi merupakan salah satu komponen dari kesehatan lingkungan, yaitu perilaku yang disengaja untuk. membudayakan hidup bersih untuk mencegah manusia bersentuh langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya, dengan harapan dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Dalam penerapannya dimasyarakat, sanitasi meliputi penyediaan air, pengelolaan limbah, pengelolaan sampah, kontrol vektor, pencegahan dan pengontrolan pencemaran tanah, sanitasi makanan, serta pencemaran udara.

Kesehatan lingkungan di Indonesia masih memprihatinkan.  Belum optimalnya sanitasi di Indonesia ini ditandai dengan masih tingginya angka kejadian penyakit infeksi dan penyakit menular di masyarakat. Pada saat negara lain pola penyakit sudah bergeser menjadi penyakit degeneratif, Indonesia masih direpotkan oleh kasus demam berdarah,  Diare, Kusta, serta Hepatitis A yang seakan tidak ada habisnya.

KONDISI EKSISTING

Kampung cikareo, desa gunung mulya, kecamatan tenjolaya adalah daerah di wilayah bogor yang perlu kita amati dan dibantu dalam peranan kehidupan yang layak. Daerah tersebut masih banyak tertinggal seperti halnya pada sanitasi diwilayah tersebut. Sanitasi pada wilayah tersebut masih belum dikatakan layak. Berdasarkan pengamatan lapangan dilihat bahwa untuk status sanitasi masih umum dan diberlakukan untuk banyak kepala keluarga. Disini menerangkan bahwa pada wilayah tersebut untuk setiap rumah belum memiliki sanitasi masing-masing sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada desa tersebut.

KONDISI 

Dengan kondisi tersebut maka Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta memberikan pengarahan dan pengetahuan tambahan untuk membantu dan menginformasikan kepada masyarakat agar bergaya hidup sehat dimulai dari hal yang mudah. Beberapa informasi dan terkait pembangunan diinformasikan agar didesa tersebut dapat berswadaya membangun sanitasi yang lebih baik.

TIM PENGABDIAN MASYARAKAT:

  1.            Tanjung Rahayu, ST, MT (Ketua Tim)
  2.            Ir. Nadia, MT (Anggota I)
  3.            Ir. Trijeti, MT (Anggota II)
  4.            M.Imamuddin, ST, MT (Anggota III)
  5.            Harwidyo Eko Prasetyo, ST, MT (Anggota IV)
  6.            Basit Al Hanif, ST (Anggota V)
  7.            Juliyatna, ST (Anggota VI)

Dibantu oleh:

  1.           Sujarwo Adi Sucipto
  2.           Awan Malik Ibrahim
  3.           Dewi Wulandari

Link Download File : pengabdian-masyarakat-di-kampung-cikareo-desa-gunung-mulya-kecamatan-tenjolaya-kabupaten-bogor_11-10-18.pdf

Teknik Sipil

  • Alamat: Jl. Cempaka Putih2 Tengah No.27, Jakarta

  • Telepon: (021) 425 6024

  • Email: info@ftumj.ac.id

Ikuti Kami