CIVIL CAMP 2019 HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL FT-UMJ

Salah satu program kerja wajib yang dilaksanakan tiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Muhammadiyah Jakarta ini sangat berpengaruh dengan karakter mahasiswa Teknik Sipil FT UMJ. Dengan mengusung tema Membentuk Pribadi yang Berjiwa Kekeluargaan (BETON) dan Berintegritas Aspiratif Jujur Amanah (BAJA) yang Berintelektual para pengurus himpunan dan juga jurusan berharap mahasiswa baru bisa mengambil pembelajaran dari kegiatan ini, dan juga selain membentuk karakter mahasiswa baru, di dalam proker ini juga sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa aktif dan alumni. Dan yang terpenting dalam kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan satu-satunya organisasi yang ada di Teknik Sipil FT-UMJ yaitu Himpunan Mahasiswa Sipil, yang akan menjadi wadah belajar dan kreatifitas mahasiswa Sipil FT-UMJ.

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 25 sampai 28 Januari 2019 ini dibuka oleh Dr. Ir. Ari Purnomo Kartohardjono, DMS, Dipl.TRE selaku perwakilan Jurusan dan juga beliau adalah Kepala Jurusan Teknik Sipil sebelumnya, sebelum ibu Ir. Trijeti. Dalam acara pembukaan ini, juga diisi dengan perkenalan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT-UMJ. Serta diisi dengan materi organisasi dan langsung dilanjutkan perkenalan HMS BEM FT-UMJ. 

Agenda acara ini dilanjutkan berkemah di Green Pakis, Gunung Halimun Salak dengan sangat suka cita. Adapun kegiatan yang dilaksanakn disana seperti pelatihan Sidang. Siding yang dimaksud disini bukan seperti sidang diperadilan melainkan sistem atau mekanisme dalam berorganisasi dalam naungan BEM FT-UMJ, siding disini yaitu bermusyawarah, yang dipimpin oleh 3 pimpinan sidang, peserta sidang, dan Master of Training (MOT). Dalam sidang ini membahas tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta acara, mereka diberi kebebasan untuk merubah, mengurangi, atau menambahkan tata tertib yang ada sebelumnya, dan hasil sidang ini mutlak sampai acara ini selesai. 

Setelah pelatihan sidang, disana peserta juga mendapat materi atau pembekalan seperti materi tentang retorika yang mengajarkan mereka untuk bisa lebih percaya diri, materi kepemimpinan agar mereka mempunyai sikap bertanggung jawab, serta  materi surat-menyurat dan sponsorship, tidak lupa juga ada perkenalan dari Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) yang bukan lain adalah wadah mahasisw teknik sipil Indonesia berkumpul dan menjalin tali silaturahmi. Selain pembekalan, peserta juga outbond, untuk membangun kerja sama dan membangun kekompakan.

Acara Civil Camp 2019 ini ditutup oleh ketua HMS BEM FT-UMJ saudara Rama dengan suka cita, selain ilmu, pelatihan sidang, semoga peserta juga bisa menjadi pribadi yang berjiwa kekeluargaan, berintegritas, aspiratif, jujur, amanah tepat seperti tema yang diambil tahun ini.


Teknik Sipil

  • Alamat: Jl. Cempaka Putih2 Tengah No.27, Jakarta

  • Telepon: (021) 425 6024

  • Email: info@ftumj.ac.id

Ikuti Kami